Membuat Tabel dengan Fitur Microsoft Excel pada Document Microsoft Office Word

Wazzzup pembaca setia CST! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas membuat tabel dengan fitur Microsoft Office Excel pada document Microsoft Office Word. Seperti yang mungkin kalian tau, fitur tabel pada Microsoft Office Word sangat sederhana. Ketika kita menggunakan tabel pada Microsoft Office Word kita hanya dapat mengisi tabel tersebut secara manual. Yang artinya jika terdapat tabel dengan suatu perhitungan di dalamnya maka kita harus menghitungnya secara manual terlebih dahulu, lalu kita masukkan hasil perhitungan tersebut pada tabel. 

Coba lihat contoh berikut ini:


Pada gambar di atas terdapat dua kolom yang masih kosong, kolom rata-rata dan kolom keterangan. Rata-rata didapat dari kolom Nilai 1, Nilai 2 dan Nilai 3. Sedangkan kolom keterangan ditentukan berdasarkan kolom Rata-rata, jika nilai rata-rata lebih dari sama dengan 60, maka kolom Keterangan diisi dengan Lulus, selain itu Tidak Lulus. Untuk kolom rata-rata kita bisa mengerjakannya dengan fungsi Average( ), sedangkan untuk kolom keterangan kita dapat mengisinya dengan fungsi If( ) tetapi bila kita mengerjakannya di Microsoft Office Excel. Jadi bagaimana mengerjakannya di Microsoft Office Word?

Oke mari kita pecahkan, pertama-tama buat kembali tabel di atas, eitsss tapi jangan menggunakan table (Insert > Table). Alih-alih kita klik pada Insert Table, kita klik Excel Spreadsheet. Seperti ditunjukkan gambar berikut:


Maka akan tampil potongan jendela kerja Microsoft Office Exccel, seperti pada gambar berikut:

 
Ketikkan pada potongan lembar kerja Excel tersebut : 
 

Nah sekarang, kalian tinggal mengetikkan fungsi Excel Average( ) dan If( ) pada potongan lembar kerja Excel tersebut, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:




Intinya... Kita bisa menggunakan semua fungsi Excel pada tabel tersebut. Sekarang tinggal kita klik di luar untuk mendapatkan hasil. 


Silahkan mencoba, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Sampai ketemu lagi di kesempatan tutorial berikutnya :).

Share on Google Plus

About David Andreas

David Andreas adalah orang yang cuek, jadi dia cukup males untuk mengisi deskripsi ini. Yang ingin dia tulis disini bahwa dia seorang penulis blog sederhana yang gak ganteng-ganteng amat, tapi seneng share sesuatu yang dia tau meskipun orang lain mungkin gak pengen tau :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment