Fitur Styles Pada Microsoft Office Word

Halo apa kabar pembaca setia CST. Kali ini admin akan membahas Fitur Styles pada Microsoft Office Word 2010. Dari pengalaman admin melihat pengguna Microsoft Office Word, admin dapat menyimpulkan bahwa fitur ini sangat jarang digunakan, padahal fitur ini sangat berguna ketika kita ingin membuat suatu naskah dimana naskah tersebut menggunakan aturan-aturan seperti: jenis huruf, besaran huruf, Bold / Italic / Underlined yang berulang pada bagian-bagian tertentu pada naskah tersebut. 

Sebagai contoh, jika kalian mahasiswa kalian akan sering menghadapi menulis laporan-laporan, tugas, atau mungkin skripsi, dimana ketika kita menulisnya kita menggunakan aturan-aturan yang berulang, seperti pada, misal judul bab. Pada bagian judul bab ini kita biasa menggunakan huruf Times New Roman, ukuran huruf 16, rata tengah dan cetak tebal. Sekarang coba bayangkan jika kita memiliki 10 Bab. Pasti kalian akan menggunakan aturan tersebut berulang-ulang. Bagaimana kalau kita simpan saja aturan tersebut, lalu kita gunakan kembali nanti? Bisakah? Ya, Bisa! 

Inilah yang akan admin bahas. Penggunaan fitut Styles. Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan dokumen dan buat sampel text yang akan disimpan style-nya. 

Pertama-tama, siapkan dokumen lalu tulis sampel text yang akan kita simpan style nya, misal :
1. Jenis huruf : Times New Roman
2. Ukuran huruf : 16
3. Cetak tebal
4. Rata tengah


Blok sampel text tersebut, kemudian dari menu Home, pada kategori Styles, Klik More

Klik pada pilihan Save selection as New Quick Style, beri nama misal : Judul Bab

Maka Style baru dengan nama Judul bab akan tertera di daftar Style

Untuk mengggunakannya : 

tiap kali kita ingin membuat judul bab baru cukup klik pada style tersebut. maka style pada text judul bab yang baru akan mengikuti aturan yang sudah kita simpan sebelumnya. 

Nah sekarang tinggall kalian menyimpan style untuk bagian naskah lain. ini akan menghemat waktu menulis. Selamat mencoba, jika ada kesulitan silahkan menuiskan pertanyaan kalian di kolom komentar.


Share on Google Plus

About David Andreas

David Andreas adalah orang yang cuek, jadi dia cukup males untuk mengisi deskripsi ini. Yang ingin dia tulis disini bahwa dia seorang penulis blog sederhana yang gak ganteng-ganteng amat, tapi seneng share sesuatu yang dia tau meskipun orang lain mungkin gak pengen tau :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment