Statistika Mudah Ala Excel Part 2

"Satistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan data" (wikipedia.com). Mungkin sebagian kita mengkin ada yang masih inget pelajaran statistika? Ga pernah belajar? Waktu SMA ga belajar? Ahhh boong. pasti pernah cuma lupa aja kali :)

Nah untuk perangkat lunak komputer seperti Excel bisa digunakan untuk menganalisis data yang dimaksud. Kok bisa?
Ya, bisa. Setelah melalui proses konfigurasi kita dapat menggunakan Excel untuk mengolah data tersebut. Kalau bingung cara mengkonfigurasi agar Excel dapat digunakan untuk pekerjaan statistik, temen-temen boleh buka posting saya yang lain yang berjudul Statistika Mudah Ala Excel. Nah tapi kalo temen-temen mau belajar mengenai istilah-istilah pada statistika boleh klik disini.

Yuk kita coba! Di sini sudah ada beberapa contoh sample data.

Statistika-Mudah-Ala-Excel-Part-2
Oke, kemudian kita masuk ke menu Data kemudian pilih Data Analysis.

Statistika-Mudah-Ala-Excel-Part-2

Nah akan muncul jendela Data Analysis, pada jendela Data Analysis ini pilihlah pengolahan statistika yang temen-temen perlukan. Disini penulis akan mencoba pengolahan data Descriptive Statistics.


Statistika-Mudah-Ala-Excel-Part-2

Nah berikutnya akan muncul jendela seperti berikut:
Statistika-Mudah-Ala-Excel-Part-2
Pada bagian Input Range, blok lah sample data yang ada di atas (judulnya gak usah ya...), kemudian centang bagian Summary Statistics, nah hasilnya akan muncul pada Sheet baru. Seperti berikut. 

Statistika-Mudah-Ala-Excel-Part-2

Nah, yang diberi warna kuning oleh penulis itu adalah hasil pengolahan untuk sample data pada kolom pertama sedangkan yang berwarna biru merupakan kolom yang lainnya. :)

Oiya, sekali lagi kalau mau tau istilah-istilah yang tertera pada hasil tersebut silahkan klik disini :)



Share on Google Plus

About David Andreas

David Andreas adalah orang yang cuek, jadi dia cukup males untuk mengisi deskripsi ini. Yang ingin dia tulis disini bahwa dia seorang penulis blog sederhana yang gak ganteng-ganteng amat, tapi seneng share sesuatu yang dia tau meskipun orang lain mungkin gak pengen tau :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment