Membuat Header dan Footer pada Microsoft Office Word

Apa kabar, semoga semua pembaca blog ini baik semua kabarnya, tambah ganteng dan tambah cantik. Hehe...

Ini merupakan tulisan pertama penulis selama beberapa bulan vakum dikarenakan banyak sekali kesibukan (ga harus cerita kan kesibukannya apa??...). 

Nah kali ini penulis akan membagi cara membuat header dan footer pada Microsoft Office Word.
Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu   tampil   pada   setiap   halaman. Header dapat berupa nomor halaman, tanggal, jam dan sebagainya. Sedangkan   Footer   (catatan   kaki)  mempunyai arti yang sama dengan Header, hanya saja letaknya berada di bawah lembar kerja dokumen.

Informasi yang ditulis pada Header atau Footer biasanya adalah judul topic atau tema, dll. Informasi tersebut akan muncul pada setiap halaman dokumen. Pada Header dan Footer, user dapat memberikan nomor halaman secara otomatis. User dapat pula menyisipkan gambar pada Header maupun Footer. Tata letak tulisan dapat diatur yaitu berada di kiri, tengah, atau kanan dokumen. 

Cara membuat header dan footer :

1. Silahkan mulai dari menu Insert pada Office Word, kemudian pilih Header atau Footer (Kali ini akan kita coba dengan Header terlebih dahulu)
2. Kemudian pilih style yang sudah disediakan Office Word, (Kali ini penulis mencoba membuat sendiri style penulis, jadi pilihlah yang blank)


3. Tampilan jendela kerja akan menjadi seperti berikut :






4. Kemudian susun Header seperti yang kita inginkan, bisa memasukkan gambar ataupun shape ke dalamnya.

5. Intinya... kita bisa membuat bentuk header seperti apapun dengan tambahan shape, picture, clipart, textbox, dll...

6. Setelah selesai klik close Header and Footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini.

Nah untuk kali ini sampai disini dulu tutorial, sampai ketemu pada tutorial berikutnya :)
Share on Google Plus

About David Andreas

David Andreas adalah orang yang cuek, jadi dia cukup males untuk mengisi deskripsi ini. Yang ingin dia tulis disini bahwa dia seorang penulis blog sederhana yang gak ganteng-ganteng amat, tapi seneng share sesuatu yang dia tau meskipun orang lain mungkin gak pengen tau :)

2 comments:

  1. mantab sob, makasih buat pencerahannya, sangat membantu...

    http://tokoonlineobat.com/

    ReplyDelete